Apa itu Xiaomi dan Mengapa harga Xiaomi murah?


Dalam empat tahun terakhir, Startup asal Tiongkok, Xiaomi, menjadi salah satu produk yang paling banyak dibicarakan di dunia teknologi. Perusahaan ini menjadi perusahaan teknologi di dunia dengan valuasi $45.000.000.000 dan meroket di tempat ketiga di antara semua pembuat smartphone setelah Apple dan Samsung (menurut perusahaan riset IDC).

Perangkat Xiaomi dipuji karena kinerjanya dan harga yang terjangkau yang dijual langsung kepada konsumen melalui sistem online. Namun karena sistem penjualan yang dilakukan secara terbatas tersebut, kalian mungkin belum pernah mendengar tentang perusahaan atau ponsel ini.

Jadi, apa itu Xiaomi? Apa yang membuat perusahaan ini berbeda? Apakah kalian ingin mencoba salah satu ponselnya? Jika iya, dimana harus membelinya? Kami memiliki jawabannya.

Apa itu Xiaomi?

Xiaomi didirikan pada tahun 2010, focus perusahaan asal Tiongkok ini mulai pada pembuatan smartphone. Sejak itu diperluas untuk produk elektronik konsumen lainnya, seperti MI Band fitness tracker, MI Box dan televisi 3D yang disebut MI TV.

Xiaomi memiliki tujuan untuk transparan mengenai informasi tentang spesifikasi dari perangkat yang mereka buat, yakni apa yang baik, apa yang buruk dan apa yang akan ditingkatkan.

Xiaomi juga dikenal untuk memberikan spesifikasi yang baik dengan harga yang terjangkau. Bagaimana Xiaomi menjaga harga menjadi sangat murah? Mereka memiliki strategi yang jitu dengan untuk membuat harga yang kompetitif dengan cara menjual langsung kepada konsumen melalui situs webnya, memotong distributor dan menghapus 20 sampai 30 persen dari laba kotor yang biasanya masuk ke pengecer.

Menurut co-founder dan Presiden Xiaomi, Bin Lin, pada dasarnya perusahaan menetapkan harga utama dari material telepon, yang membuat harga menjadi rendah bagi konsumen. Xiaomi juga menghemat uang dengan cara mengandalkan media sosial untuk pemasaran. Sementara perusahaan seperti Samsung dan LG membuat acara pers besar-besaran dan meluncurkan produk serta kampanye di mana-mana, Xiaomi menggunakan Weibo (jejaring sosial asal Tiongkok seperti Twitter) dan Facebook untuk publikasinya. Xiaomi juga membuat forum dan laman pesan untuk menyebarkan berita.

Apa yang dapat diharapkan dari ponsel Xiaomi?

Xiaomi mengkhususkan diri untuk membuat peranti Android dengan harga terjangkau dan memiliki desain yang baik. Produk dari Xiaomi juga dikenal karena memiliki desain yang sangat mirip dengan perangkat Apple. Sebagai contoh, Xiaomi MI 4 terlihat hampir persis seperti iPhone 5 sedangkan kotak Streaming MI Box terlihat seperti Apple TV. Spesifikasi Xiaomi cukup kuat meskipun memiliki label harga minim. Sebagai contoh smartphone MI 4 memiliki prosesor 2,5 GHz Snapdragon 801, layar 5 inci dan kamera 13 megapixel yang semuanya hanya dibanderol dengan harga sekitar $380. Selisih ratusan dolar jika dengan  iPhone 6 atau Galaxy S5.

Apa MIUI?

MIUI adalah launcher bawaan yang menjadi ciri khas dari Xiaomi. Perangkat lunak ini menggantikan beberapa aplikasi Android, seperti telepon, kalendar, Messaging dan Mail, serta menambahkan fungsionalitas lebih ke masing-masing aplikasi. Misalnya, aplikasi telepon di MIUI 6 akan mengidentifikasi nomor tak dikenal terhadap telepon yang dikenal pada direktori nomor di Cina. Tentu saja fitur ini hanya dapat bekerja di negara-negara tertentu.

Aplikasi Mail dan Calendar terlihat hampir persis seperti di iOS 7, seperti melakukan lock screen dan notifikasi. Semua aplikasi diletakkan di layar depan perangkat dan tidak ada aplikasi yang terpisah, hal ini seperti pada iOS.

Keindahan MIUI terletak pada tampilan yang bisa di kustom. Dengan menggunakan Tema, kalian dapat mengatur tampilan ponsel, bahkan tampilan dari MIUI terlihat persis seperti iPhone, sampai efek latar belakang. Perangkat lunak ini juga akan diperbarui setiap minggunya sehingga menjaga aplikasi dan keamanan yang selalu up to date. Selain itu, kalian mendapatkan kontrol lebih besar atas opsi keamanan dengan MIUI dibandingkan dengan standar bawaan Android.

Sistem operasi memungkinkan kita menjadwalkan scan keamanan untuk memeriksa perangkat terhadap kerentanan dan menghapusnya. Hal ini juga memungkinkan kita untuk lebih mudah mengontrol akses aplikasi, membuat dan mengelola daftar blok, mengunci aplikasi individu, mengatur Guest Mode untuk menjaga informasi pribadi serta lebih banyak lagi.

Jadi bagaimana kalau ingin membeli Xiaomi? sama seperti membeli ponsel biasa, kalian bisa ke distributor resmi seperti Erafone atau kalian bisa membelinya di konter-konter ponsel pada umumnya. Buat yang suka dengan metode belanja online, kalian bisa mengunjungi Lazada.